peralatan-untuk-membersihkan-rumah

Intensitas hujan pada akhir-akhir ini membuat beberapa daerah dibanjiri oleh air. Apalagi di daerah yang sudah langganan tahun setiap tahun. Hal tersebut membuat keadaan rumah menjadi kotor pasca banjir. Karena membersihkan rumah pasca banjir merupakan kegiatan yang cukup melelahkan. Pasca banjir, pasti rumah menbuat benda-benda dan dinding rumah lembab dan berlumur, banjir juga membawa lumpur yang tebal dan cukup lama untuk membersihkannya. Perlu dilakukan cara tepat untuk menghilangkan lumpur yang mengering pada lantai agar rumah kembali nyaman untuk di huni. Berikut adalah tips yang bisa dilakukan untuk membersihkan rumah pasca banjir :

1. Gunakan sepatu boots

Hal ini untuk menghindari jika di balik lumpur tebal terdapat pecahan kaca atau benda tajam lain yang mungkin dapat melukai kaki anda, serta menghindari infeksi akibat kotoran dari lumpur jika terdapat luka terbuka di kaki anda.

2. Siapkan selang air

Jika lumpur sudah mulai mengering, siram menggunakan air agar lumpur kembali basah dan terdorong keluar rumah. Siapkan selang air yang cukup panjang agar bisa menjangkau seluruh bagian rumah. Jika lumpur sudah basah, mintalah bantuan anggota keluarga lain untuk mendorong lumpur keluar dari rumah menggunakan penggaruk lantai berbahan karet atau sikat lantai agar lumpur yang menempel di lantai tersikat keluar.

3. Gunakan sikat lantai atau spons

Setelah sebagian besar lumpur hilang dari lantai rumah, berikan perhatian khusus pada sambungan antar keramik karena biasanya masih banyak lumpur yang menempel di bagian ini. Gunakan sikat lantai atau spons dan gosoklah bagian tersebut menggunakan tangan. Jangan lupa untuk memakai sarung tangan karet terlebih dahulu.

4. Pel lantai

Jika lantai dirasa sudah cukup bersih, pel lantai menggunakan karbol atau cairan pembersih lantai yang mengandung antiseptik kuat dan desinfektan agar kuman yang tersisa akibat lumpur mati. Cara membersihkan lantai rumah pasca banjir perlu dilakukan berkali-kali agar hygienitas lantai rumah anda kembali seperti semula dan aman untuk dihuni.

5. Gunakan sabun antiseptic

Jika ada peralatan makan yang terkena lumpur, bersihkan dengan sabun cuci yang juga mengandung antiseptic dan desinfektan. Setelah itu, rebus peralatan makan dengan air mendidih untuk memastikan bahwa kuman yang menempel akhirnya mati akibat suhu tinggi.

 

Sumber : green.kompasiana

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>