rosemary

Apakah diantara kalian sudah ada yang mengetahui manfaat dari tanaman rosemary? Tanaman rosemary ini merupakan salah satu jenis tanaman yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh kamu. Bukan hanya bentuk dan namanya yang cantik tetapi khasiat dari tanaman rosemary ini sudah tidak diragukan lagi, selain itu dapat memberikan aroma dan rasa lezat pada makanan.
Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari segarnya rosemary yang wajib untuk kamu ketahui.

1. Rosemary bermanfaat untuk meredakan nyeri otot, meningkatkan sistem peredaran darah, serta memperkuat memori karena rosemary adalah sumber zat besi, kalsium, dan vitamin B6 yang baik.

2. Rosemary merupakan sumber zat anti-oksidan dan anti-inflamasi sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menetralkan radikal bebas yang menyerang DNA.

3. Penelitian menunjukkan bahwa rosemary dapat menunda kanker. Sebab rosemary mengandung dua senyawa kimia utama yaitu carnosic dan rosmarinic yang mampu menghambat produksi sel kanker seperti kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker payudara. Rosemary juga dapat mengurangi resistensi terhadap obat kemoterapi.

4. Rosemary mampu meningkatkan memori dan kinerja kognitif Anda. Sebab senyawa di dalam rosemary mampu mencegah pemecahan asetilkolin, zat kimia yang merangsang sel-sel otak untuk peningkatan memori dan penalaran.

5. Rosemary mengandung zat anti-bakteri yang dapat membersihkan darah dan menghambat pertumbuhan bakteri patogen tanpa merusak bakteri menguntungkan dalam tubuh.

6. Minyak rosemary mampu meringankan rasa sakit dari gangguan pencernaan dan kram akibat menstruasi.
7. Selain itu, minyak rosemary juga bermanfaat untuk mengobati masalah kulit seperti eksim dan masalah sendi seperti arthritis.
Itulah beberapa manfaat yang menyehatkan dari rosemary. Kamu pun bisa memasukkan ke dalam daftar tips sehat nan herbal yang bisa kamu coba.

 

 

Sumber : merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>