jatuh cinta

Jatuh cinta adalah hal yang dialami oleh setiap orang. Jatuh cinta itu perasaan yang memiliki banyak arti dan banyak makna, yang terkadang membuat hati berdebar sehingga menghasilkan sikap yang dinamakan grogi, malu, atau pun bahagia. Mungkin semua orang pernah merasakan jatuh cinta, namun belum tau manfaat di balik kalimat “jatuh cinta”. Berikut ini kami akan mengulas tentang manfaat jatuh cinta bagi kesehatan:

1. Mengurangi Depresi

Menurut penelitian tentang kesehatan mengenai jatuh cinta yaitu dimana tubuh akan mengeluarkan energi kebahagiaan, walau hanya memandang poto pasangan kamu sendiri, itu akan membuat kadar dopamin dalam otak meningkat sehingga tingkat depresi dan stress berkurang. Bagi seseorang yang sudah memiliki pasangan, pasti akan berbagi kisah-kisah, sharing, dan bercerita.
Hal ini secara emosional akan mengurangi beban fikiran terutama jika kamu memilki masalah. Bagi mereka yang sudah menikahpun akan lebih peduli dengan kesehatan, terutama jika berdampak buruk ke depannya. Lebih penting lagi keterbukaan antara satu sama lain, hal ini sangat membantu menghilangkan kejenuhan terutama depresi. Secara psikologi jatuh cinta menjauhi kamu dari kesendirian, kesepian, atau hal-hal yang merugikan diri sendiri.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Annals of Behavioral Medicine mengatakan bahwa rasa cinta dari keluarga, orang-orang disekitar dan termasuk pasangannya akan memberikan energi positif yang dapat menurunkan tekanan darah. Rasa nyaman yang dirasakan pada seseorang yang mendapatkan kasih sayang akan secara tidak langsung mengontrol tekanan darah. Tidak hanya itu saja, jika kamu memiliki buah hati yang kamu sayangi, pelukan dan sentuhan hangat sangat mereka butuhkan sebagai tanda perhatian.

3. Meningkatkan Konsentrasi

Menurut beberapa ahli, orang yang sedang jatuh cinta akan menunjukan kepeduliannya, ini mengapa seseorang yang sedang menyukai orang lain terlihat dari sikap, tatapan, obrolan dan perhatiannya. Otak dan perasaan akan terkoneksi sehingga orang tersebut dapat fokus dengan seseorang yang dia suka, contohnya seperti curi-curi pandang, perhatian, pendekatan, peduli, dan lain sebagainya. Tanpa ada kepedulian, tidak akan terjadi pendekatan, perhatian yang lama kelamaan menimbulkan pernyataan atau ajakan untuk “jadian”.
Jatuh cinta sangat berpengaruh pada rumah tangga seseorang, ketika seorang lelaki memilih pasangan hidupnya untuk dijadikan istri, tidak tanggung-tanggung lelaki tersebut ingin membahagiakan istrinya dan bekerja lebih giat agar mendapatkan uang yang lebih banyak lagi untuk memberi kebahagiaan untuk istrinya. Dengan begitu jatuh cinta dapat memicu kinerja seseorang untuk menjadi lebih baik.

4. Memberi Sensasi Kebahagiaan

Jatuh cinta menjadi salah satu topik yang sangat menarik. Walau hanya membacanya, otak kamu pasti akan mengingatkan dengan seseorang yang sedang kamu suka atau bahkan yang paling kamu sayang. Menurut pendapat setiap orang akan memberi arti berbeda-beda tentang makna jatuh cinta. Ada pula yang mengatakan bahwa jatuh cinta kepada seseorang adalah dimana kamu memberi hati kepada orang yang kamu sayangi, tanpa kamu ketahui hati itu akan disakiti atau disayangi karena yang terpenting kamu mencurahkan kasih sayang tersebut pada orang yang kamu sayang. Sensasi kebahagiaan seseorang yang sedang dimabuk asmara akan terlihat jelas bagi orang-orang disekitarnya, inilah penyebab mengapa orang terkadang senyum sendiri ketika menerima BBM, SMS, melihat photo, atau bahkan tersenyum melihat benda mati dari pemberian si dia.
Untuk orang-orang yang dapat melihat aura, akan terlihat jelas pancaran warna kebahagiaan orang-orang yang sedang mengalami jatuh cinta. Artinya, jatuh cinta dapat menghasilkan kimia euforia yang sensasinya lebih berbahaya dari kokain.

5. Membuat Jantung Sehat

Hubungan antara jantung sehat dengan jatuh cinta tentu tidak terlihat signifikan, jatuh cinta terasa pada perasaan kamu yang biasa kamu sebut hati. Ingatkah kamu ketika masa remaja kamu menyukai seseorang yang tidak disangka jika orang yang kamu suka juga menyukai kamu?

Di dalam sinetron sering terjadi adegan berlebihan seperti salah tingkah jika berhadapan, atau ketika dia menyapa, atau menyentuh tangan anda tanpa sengaja. Jika kamu rasakan, semua hal-hal tersebut akan membuat jantung anda berdebar dan berdenyut cepat, dan itu artinya ada oksigen tambahan yang akan memompa jantung kamu dalam kondisi baik, dampaknya pada kesehatan kamu akan memiliki jantung sehat, otakpun tidak akan kekurangan oksigen sehingga akan lebih fokus, sirkulasi darah juga akan lancar. Sangat mencengangkan ya manfaat-manfaat jatuh cinta. hehe

6. Membantu Menghilangkan Rasa Sakit

Apakah kamu pernah mendengarkan kalimat jika dengan pelukan maka akan mengurangi rasa sakit yang kamu sedang derita? Mungkin hal ini yang membuat wanita ingin dipeluk dan diperhatikan ketika mereka sedang sakit.
Menurut penilitian yang telah melakukan percobaan ini mengatakan adanya hormon oksitosin yaitu istilahnya hormon cinta yang dikeluarkan dari pelukan dengan orang yang kamu sayangi, hal ini akan memberi rasa yang sangat nyaman hingga beberapa dari kamu akan mengalami rasa kantuk ketika dipeluk atau bahkan merasakan sakit yang perlahan menghilang selama ada hormon oksitosin, hormon tersebut akan bekerja selama 4 jam.
Ternyata jatuh cinta memiliki banyak manfaat ya sobat efektips. Semoga bermanfaat, Salam Sehat 🙂

 

 

 

Sumber: Gudangkesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>