Mie itu makanan sehat, mie instant lah yang perlu dicermati agar bisa kita makan dan menyehatkan tubuh.
Anggapan mie instan itu makanan yang miskin gizi, tidak baik untuk kesehatan, dan berbahaya. Namun naytanya, peran mie instan sebagai salah satu makanan di Indonesia masih tak tergantikan. Makanan berbahan dasar tepung ini kerap jadi alternatif ketika lapar melanda.

Kebeneranan akan bahaya mie instan memang sulit dibuktikan. Tapi jika sampai melarang mengkonsumsi mie instan, itu langkah yang salah. Karena mie instan merupakan sumber karbohidrat.

Cara pengolahan mie instant yang harus jadi perhatiannya agar mie instant tidak menjadi petaka. Bagaimana caranya? simak 3 tips berikut ini.

1. Kurangi bumbu dan minyaknya
bumbu-mie-efektipscom
Pada kemasan mie instan terdapat bumbu dan minyak. Di dalam bumbu banyak mengandung garam, penyedap dan lemak. Tentu, terlalu banyak mengkonsumsi garam, penyedap dan lemak bisa merugikan kesehatan.

Itu artinya bumbu penyedap dalam kemasan mie instant bisa membahayakan jika terlalu banyak masuk ke dalam tubuh. Agar sehat mengkonsumsi mie instan, kurangi bumbu dan minyaknya. Hal itu dimaksudkan agar mengurangi asupan lemak, terlebih untuk anak-anak.

2. Campur Sayuran Atau Sumber Protein

gambar via www.jakcity.com

gambar via www.jakcity.com

Mie instan akan memiliki dampak yang tidak sehat jika hanya dikonsumi mienya saja. Karena hanya karbohidrat dan lemak yang tersedia pada mie tersebut.

Tambahkan nilai-nilai gizi lainnya, sayuran dan telur misalnya. Hal dilakukan agar komposisi zat yang masuk ke dalam tubuh ideal. 60 persen karbohidrat, 15-20 persen protein dan 30 persen lemak.

3. Jangan tambahkan nasi

via www.blogindonesia.com

via www.blogindonesia.com

Mengapa mengkonsumsi mie instan pakai nasi itu tidak sehat? Hal itu disebabkan karena keduanya adalah sumber karbohidrat dan mengandung kalori cukup tinggi. Ibaratnya kita seperti makan nasi dan lauknya nasi juga.

Makan mie instant memang tidak sejahat yang kita bayangkan sebelumnya. Namun bukan berarti kita bisa menggantikan sumber karbohidrat alami seperti nasi, kentang ataupun jagung. Yang kami ingin sampaikan disini bahwasanya mie instant tetap menjadi sumber karbohidrat yang efektif jika kita tidak bisa menemukan sumber karbo yang alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>