cokelat

Kalian semua pasti sangat menyukai cokelat. Selain rasanya yang manis, cokelat juga sudah dikenal sebagai salah satu moodboster yang sangat ampuh, terutama dikalangan remaja. Sudah banyak restaurant yang menyajikan berbagai menu andalan yang terbuat dari coklat, khusus untuk penikmat cokelat. Salah satu bahan makanan paling lezat di dunia ini memang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.
Sebuah penelitian yang dimuat pada jurnal Nature Neuroscience menyatakan bahwa cokelat dapat meningkatkan daya ingat pada orang dewasa, orang tua yang meminum minuman cokelat. Minuman cokelat banyak terdapat anti-oksidan. Kandungan anti-oksidan yang terdapat dalam cokelat dapat membuat daya ingat seseorang meningkat dan mencegah kepikunan jika dikonsumsi secara teratur.
Anti-oksidan flavanol yang terkandung dalam cokelat dan juga ditemukan pada teh hijau dan beberapa sayuran dapat meningkatkan fungsi memori pada otak dengan melancarkan aliran darah, khususnya pada bagian otak yang menyimpan memori.
Setelah dilakukan penelitian pada 37 orang dewasa tua yang berusia antara 50-69 tahun, diperoleh kesimpulan bahwa rutin mengonsumsi minuman cokelat yang kaya anti-oksidan dapat meningkatkan daya ingat mereka. Hal ini dibuktikan dengan tes MRI pada bagian dentate gyrus di otak.
Meskipun demikian, para ahli mengatakan bahwa hal ini masih harus ditinjau lebih jauh, karena pada penelitian tersebut hanya dilibatkan partisipan dalam jumlah kecil. Selain itu, jenis cokelat juga dapat sangat memengaruhi. Cokelat batangan nampaknya tak memberikan efek signifikan dibanding cokelat bubuk dan dark chocolate.

Nah, mulai saat ini tidak ada salahnya kamu mengkonsumsi beraneka ragam cokelat, terutama cokelat bubuk atupun dark chocolate, akan tetapi perlu diingat, mengkonsumsi yang berlebihan juga akan mendapatkan dampak yang buruk.
Semoga artikel ini bermanfaat.

 

 

Sumber : vemale.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>