efektips-bayi-tidur

Orang tua mana yang tidak sayang terhadap bayinya? Ya, seorang bayi yang mana masih belum mampu melakukan aktifitasnya sendiri, seperti pipis, buang air besar ataupun mandi. Orang tua pastinya akan selalu memberikan perhatian dan kasih sayang penuh terhadap bayinya.

Namun tidak jarang juga karena sangat peduli terhadap bayi, membuat orang tua terkadang mengambil tindakan yang salah tanpa mereka menyadarinya. Contohnya pada saat bayi mengantuk, pastinya bayi masih belum bisa berbicara dengan bahasa normal dan orang tua hanya mengetahui bayinya mengantuk hanya ketika mereka menguap. Sedangkan menguap bukanlah satu-satunya tanda bayi mengantuk.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, berikut hal yang boleh dan tidak boleh anda lakukan ketika bayi anda mengantuk:

  • (Boleh) Anda boleh mengambil inisiatif untuk nina bobo-kan bayi anda ketika bayi anda sudah mulai menguap, mengucek-ucek mata, ataupun bayi anda mendadak menjadi hiper-aktif. Bisa jadi itu pertanda bayi anda mengantuk.
  • (Tidak boleh) Membangunkan bayi anda yang sedang tertidur. Sebagai contoh, ketika bayi anda tertidur pada car seat dimana anda telah sampai pada rumah. Baiknya adalah anda mengangkat bayi bersama car seat masuk kedalam rumah. Namun jangan biarkan bayi anda tertidur semalaman pada car seat tersebut, apabila bayi anda tertidur sangat pulas, ada baiknya anda pindahkan bayi anda ke tempat tidurnya.
  • (Boleh) Anda harus mengetahui bayi anda sudah memiliki waktu tidur yang cukup. Seiring bertambahnya usia, bayi anda memiliki ukuran ‘cukup’ tidur yang berbeda. Jadi pastikan anda mengikuti dan mengetahui perkembangan bayi anda.
  • (Boleh) Bayi anda menyusui kemudian berhenti sebentar dan setelah itu tertidur. Biasanya bayi langsung tertidur ketika selesai menyusui. Hal tersebut sangatlah normal. Akan tetapi anda harus mulai mengajarkan bahwa waktu tidur itu tidak hanya setelah menyusui, maka oleh itu sekali-kali mengistirahatkan bayi anda setelah menyusui, baru setelah itu menidurkannya.
  • (Tidak Boleh) Bayi perlu istirahat yang cukup, jadi jangan terlalu sering mengganggu waktu istirahatnya. Batuk, bersin, cegukan, adalah hal yang normal terjadi pada bayi. Jangan terlampau sering ketika bayi melakukan hal tersebut dan anda langsung membangunkannya. Anda perlu mengecek dan membangunkannya, apabila anda merasa bayi anda tidak nyaman dengan hal tersebut.
  • (Boleh) Meletakkan bayi ketika bayi terbangun. Hal ini perlu agar bayi bisa beradaptasi ketika dimalam hari bayi anda terbangun, dan kemudian bisa tertidur kembali tanpa harus di puk-puk ataupun di nina bobo oleh orang tuanya.

Semoga bayi anda bisa tidur lebih nyenyak dan nyaman rekans!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>