kulitsehat

Bagi wanita rasanya tidak ada di dunia ini yang tidak menginginkan kulit sehat dan cantik. Keindahan kulit kerap dikaitkan dengan perawatan yang mahal. Padahal, perawatan semacam itu hanya mampu merawat kulit hingga lapisan kuilt terluar saja.
Untuk melindungi kulit dari dalam, kamu juga perlu mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan nutrisi penting untuk kesehatan kulit. Dengan mengkonsumsinya secara teratur, kamu akan mendapatkan kulit sehat bercahaya dan bebas dari masalah-masalah kulit.
Di antaranya ada beberapa jenis makanan utama untuk kesehatan kulit di bawah ini. Namun sebelum menambahkannya ke diet kamu sehari-hari, cobalah untuk terlebih dahulu mencari tahu jenis kulit kamu dan menambahkan makanan tertentu yang memiliki khasiat agar mendapatkan hasil terbaik.
Di bawah ini akan diuraikan jenis-jenis makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kamu.
1. Teh Hijau
Sudah bukan rahasia lagi jika teh hijau kaya akan berbagai zat yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Teh hijau dikenal sebagai minuman yang paling banyak mengandung antioksidan yang berfungsi melawan efek berbahaya radikal bebas. Kulit kamu pun akan terlindungi dari sinar matahari yang dapat menimbulkan 90 persen tanda-tanda penuaan dini dan risiko terkena kanker kulit. Teh hijau juga mengandung vitamin, saponin, teofilin, teobromin, dan banyak lagi yang mampu melawan infeksi dan menstabilkan suhu tubuh.
Tak hanya melindungi dari kerusakan, antioksidan juga membantu meremajakan sel-sel kulit. Teh hijau juga mampu melawan peradangan, mengatasi jerawat, dan mencerahkan kulit. Teh hijau pun mudah untuk dibuat di sela-sela kesibukan kamu. Jadi, untuk kalian yang ingin kulitnya sehat, pastikan mengkonsumsi 2 hingga 3 cangkir teh hijau dalam sehari.

2. Wortel
Selama ini wortel dikenal baik untuk kesehatan mata. Namun siapa sangka jika wortel ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Tubuh kamu dapat menghasilkan sunblock alami dengan mengkonsumsi 1 hingga 2 gelas jus wortel atau 4 hingga batang wortel per hari.
Wortel dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari oleh kamu yang memiliki masalah jerawat karena memiliki kemampuan detoksifikasi. Sayuran ini juga kaya akan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, dan potassium yang sangat baik untuk kulit. Wortel pun banyak mengandung beta karoten yang berfungsi sebagai anti oksidan. Kamu dapat mengkonsumsinya baik dalam bentuk salad, jus, atau memasaknya terlebih dahulu.

3. Lemon
Lemon memiliki bahan antiseptik alami yang dapat membantu menyembuhkan berbagai masalah kulit. Lemon kaya akan vitamin C yang mampu meremajakan kulit dari dalam dan membuatnya tampak sehat bercahaya. Lemon juga mengandung asam sitrat yang termasuk dalam Alpha-Hidrocxy-Acid (AHA). Zat ini dapat membantu pengelupasan sel kulit mati. Mengkonsumsi air perasan lemon setiap hari juga membantu kamu menghilangkan kerutan dan komedo.

4. Salmon
Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Omega-3 terbukti melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan kanker kulit. Mengkonsumsi salmon secara teratur dapat memperbaiki tekstur kulit serta membuat mata, kulit, rambut, dan kuku bercahaya.
Kemampuan kulit untuk menahan air juga meningkat. Elastisitasnya pun terjaga karena salmon mampu meningkatkan produksi kolagen, keratin, dan melanin. Daging salmon juga memiliki astaxanthin yang dapat memperlambat penuaan kulit dan munculnya kerutan.

5. Buah Beri
Berbagai jenis buah beri seperti stroberi, blueberry, blackberry, dan banyak lagi kaya akan antioksidan yang baik untuk kulit. Beri membantu melawan radikal bebas dan memperbaiki kulit yang rusak. Buah beri juga memiliki kandungan vitamin C dan vitamin E tinggi yang dapat menjaga kelembaban, keremajaan, dan kelembutan kulit.

6. Alpukat
Alpukat sudah sering digunakan dalam perawatan kecantikan sejak lama. Buah alpukat mengandung lemak sehat yang akan menyegarkan dan melembutkan kulit yang kering. Selain memiliki rasa yang enak ini juga menjadi sumber biotin terbaik yang dapat mencegah kulit kering, kuku rapuh, dan rambut rontok. Alpukat pun mengandung anti oksidan tinggi yang mampu mencegah datangnya kerutan dan melindungi kulit dari radikal bebas. Setelah makan daging buahnya, kamu juga bisa memanfaatkan kulit buahnya untuk dioleskan ke kulit Anda.

7. Air putih
Air mudah untuk didapatkan dimana saja dan kapan saja. Yang perlu kamu lakukan adalah minum banyak air putih sepanjang hari. Pastikan untuk mengkonsumsi setidaknya 3 liter air setiap hari.
Air akan membantu membersihkan tubuh dari racun-racun berbahaya sehingga kulit sehat dan bersih dari jerawat. Air juga membuat kulit tetap terhidrasi sehingga elastisitasnya terjaga. Kamu pun akan mendapatkan mata jernih dan bercahaya sebagai bonusnya.
Untuk menjaga kesehatan kulit kamu, tunggu apalagi. Segera konsumsi makanan yang dapat menjaga kesehatan kulit seperti yang telah dibahas di atas.
Semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencoba.

Sumber : webkesehatan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>