Apakah kita harus mencuci buah-buahan atau sayur-sayuran sebelum di makan? Jawabannya Ya! Mengapa? Karena di setiap buah atau sayur yang di simpan kemungkinan terdapat bakteri di bagian luarnya. Maka dari itu kita diharuskan untuk mencuci dahulu sebelum mengkonsumsinya.

Hal tersebut juga dapat menghilangkan bahan-bahan kimia berbahaya yang terdapat pada buah dan sayuran. Yuk simak beberapa tips bagaimana cara mencuci buah dan sayur secara benar!

  • Gunakan Air Hangat

quooker-instant-hot-water-tap-04

Kita sudah tidak heran dengan adanya issu soal buah yang di lapisi dengan lilin. Tentu saja kandungan lilin yang terdapat pada buah-buahan sangatlah tidak baik untuk kesehatan. Maka dari itu cucilah terlebih dahulu buah dan sayuran Anda dengan air hangat, karena air hangat dapat membersihkan lapisan lilin yang ada pada buah-buahan dan sayur-sayuran. Disarankan gunakan juga sikat lembut untuk memastikan bahwa lapisan lilin tersebut sudah hilang.

  • Rendam Dengan Air dan Cuka

14c6cb2d5ce176211b39034dac891080

Air cuka dapat membantu untuk menghilangkan peptisida yang menempel pada buah atau sayuran. Tidak hanya peptisida, cara ini pun ampuh untuk menghilangkan insektisida. Caranya campurkan air dan cuka di dalam wadah lalu rendam buah atau sayuran Anda selama 5 menit lalu bilas dengan air bersih. Ini bermanfaat untuk menghilangkan peptisida yang masih tersisa pada buah atau sayuran.

  • Cucilah Buah atau Sayuran Di Bawah Air Yang Mengalir

30-10-2014-9-06-13

Jika Anda ingin mencuci buah atau sayuran yang berkulit tipis seperti tomat atau buah yang lainnya, maka Anda dapat mencuci sayuran tersebut di bawah air yang mengalir. Tidak perlu lama-lama, Anda hanya perlu beberapa menit saja untuk mencucinya. Jangan lupa untuk menggosok-gosokkan bagian luar buah atau sayuran tersebut.

  • Gosoklah Buah atau Sayuran Dengan Sikat Halus

d1b24c48d247e297381ff13a7605bece

Sikat halus dapat membersihkan lumpur-lumpur yang masih menempel pada sayuran Anda, tidak hanya lumpur menggosok dengan sikat juga dapat membersihkan sayuran Anda dari peptisida yang masih menempel. Tidak perlu lama-lama, kurang lebih 2 menit saja untuk menggosok buah atau sayuran tersebut. Tidak lupa setelah di gosok-gosok bilaslah dengan air bersih.

  • Hindari Penggunaan Sabun

mencuci buah dengan sabun

Penggunaan sabun atau deterjen sangat tidak di anjurkan untuk mencuci buah-buahan atau sayuran karena sabun mengandung zat kimia. Jika penggunaan cairan pencuci itu tidak di bilas dengan tuntas maka zat kimialah yang akan menempel di buah atau sayur tersebut. Hal itu jelas tidak baik untuk di konsumsi oleh manusia.

Jadi biasakanlah untuk mencuci buah-buahan dan sayur-sayuran sebelum di konsumsi oleh Anda dan keluarga Anda, apalagi jika buah tersebut baru di beli dari supermarket. Karena biasanya semua buah akan diberi zat pengawet agar tahan lama. Yuk! jangan lupa untuk share ke teman-teman atau ke orang terdekat Anda agar terhindar dari berbagai penyakit. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>