Tips Memilih Sepatu Olah Raga

Bagi pemain olah raga profesional maupun amatir, sepatu merupakan senjata yang turut menentukan kualitas permainan. Karena perannya yang sangat vital, memilih sepatu olah raga tidak boleh disamakan dengan memilih sepatu santai. Sepatu olah raga berbeda dengan sepatu untuk jalan-jalan. Salah memilih sepatu, boleh jadi kaki Anda yang akan dibawa berjalan-jalan ke rumah sakit. Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa dijadikan acuan saat Anda memilih sepatu olah raga.

Jangan Menjadikan Sepatu Multifungsi
Ingat, sepatu bola hanya khusus dipakai untuk olah raga sepak bola. Sepatu sepak bola atau sepatu olah raga lain biasanya memiliki tekstur yang lebih fleksibel. Sepatu olah raga disertai pula dengan bantalan ekstra sebagai peredam efek getaran. Sementara itu, sepatu untuk jalan-jalan memiliki permukaan yang lebih keras dan padat.

Dengan demikian, Anda tidak bisa menyamakan fungsi keduanya. Belilah satu pasang sepatu olah raga dan satu pasang sepatu untuk jalan-jalan agar kedua aktivitas yang Anda lakukan benar-benar nyaman.

Mengukur Kaki Secara Berkala
Mungkin Anda berpikir bahwa ukuran kaki orang dewasa tidak akan mengalami perubahan. Misalnya, Anda memakai sepatu ukuran 37. Ini tidak berarti kaki Anda selamanya akan berukuran 37. Sebuah penelitian membuktikan bahwa semakin hari, ukuran kaki seseorang bisa berubah. Oleh sebab itu, lakukan pengukuran ulang kaki Anda minimal 2 kali dalam setahun.

Membeli Setelah Beraktivitas
Tahukah Anda bahwa ukuran kaki bisa membesar ketika beraktivitas? Ya. Ukuran kaki akan berubah atau membesar sesuai aktivitas yang Anda lakukan, termasuk olah raga. Oleh sebab itu, sebisa mungkin Anda harus membeli sepatu saat kaki berada dalam ukuran terbesarnya.

Membawa Kaos Kaki
Kaos kaki merupakan penyempurna kenyamanan Anda saat memakai sepatu. Oleh sebab itu, bawalah kaos kaki yang biasa Anda pakai saat memilih dan mencoba sepatu di toko. Kebiasaan yang sering dilakukan adalah mencoba sepatu tanpa kaos kaki. Hal inilah yang akan berdampak pada kurangnya tingkat kenyamanan saat memakai kaos kaki. Jangan sampai sepatu pilihan Anda menjadi sempit saat memakai kaos kaki.

Jangan Langsung Merasa Enak
Toko sepatu biasanya menyediakan cermin agar Anda bisa melihat kecocokan sepatu dengan kaki. Biasanya, orang akan lebih tergiur membeli sepatu yang tampak bagus dipakai dibanding kenyamanan. Untuk memastikan kenyamanan sepatu olah raga pilihan Anda, pakailah untuk berlari-lari kecil di sekitar area toko.

Sesuaikan Aturan Ibu Jari
Untuk menghindari cedera, pastikanlah jarak ideal sepatu dengan ibu jari kaki, punggung kaki, dan tumit kaki. Sepatu yang terlalu longgar akan membuat selip, sementara yang terlalu sempit bisa membuat kaki Anda lecet.

Harga Tidak Pernah Bohong
Setiap orang tentu memiliki anggaran berbeda untuk membeli sepatu olah raga. Namun, ada hal yang memang tidak terelakkan. Ya. Bagaimanapun, harga menentukan kualitas. Kualitas sepatu olah raga seharga Rp. 50.000,00 tentu akan berbeda dengan sepatu olah raga seharga Rp. 500.000,00. Selain kenyamanan, keawetan keduanya tentu sangat berbeda.

Perhatikan Waktu Penggantian
Idealnya, sepatu olah raga harus diganti setelah dipakai berlari sejauh 500-600 kilometer. Jika sol bawah mulai menipis dan sepatu mulai terasa tidak nyaman, berarti Anda sudah harus mengganti sepatu olah raga kesayangan.
Itulah beberapa tips memilih sepatu olah raga, Semoga bermanfaat dan selamat berbelanja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>