skin.co_.id-skincare

Serum merupakan bahan cair yang kandungannya sebagian besar asam amino, dan penggunaannya dioleskan langsung ke kulit. Bahan dasar serum biasanya air dan emulsi (air dalam minyak atau minyak dalam air) ditambah bahan-bahan tambahan lain, misalnya vitamin C atau E.

1. Serum Vitamin C
Kandungan serum vitamin C juga berbeda-beda, mulai 5 sampai 20 persen. Biasanya, dokter tidak akan meminta pasien langsung memakai serum berkadar tinggi untuk membiarkan kulit pasien beradaptasi. Menentukan prosentase serum yang cocok dengan kulit, amat tergantung pada tujuan pemakaian. Untuk pencegahan penuaan dini, bisa dipakai serum berkadar vitamin C rendah. Tapi untuk pengobatan, biasanya dipakai kadar yang tinggi, antara 15-20 persen.
fungsi, efek, Manfaat Serum Vitamin C, E, Kolagen, rambut, kulit, wajah

Manfaat serum vitamin C antara lain
– merangsang pembentukan kolagen kulit
– sebagai water holder (menyimpan air)
– membuat kulit tidak kering, dan lembap
– serta sebagai wound healing (mengobati luka)
Perawatan dengan serum vitamin C sebelum tindakan laser, akan mempercepat dan menyempurnakan hasil pasca-laser. Selain itu juga sebagai antioksidan terhadap polusi.

Bagi Kamu yang memiliki vlek sangat tebal dikulit, sangat tepat menggunakan serum vitamin C. Itu karena sifatnya yang merangsang pembentukan kolagen di bawah kulit. Mengoleskan serum vitamin ke kulit secara langsung sangatlah penting, karena nutrisi yang masuk lewat makanan tidak semuanya bisa langsung dirasakan oleh kulit.

Ada 2 serum vitamin C, yaitu
– L-ascorbic acid yang larut dalam air (water soluble)
– ascorbil palmitat yang larut dalam minyak (oil soluble)

Kelemahan serum vitamin C adalah sifatnya yang sangat mudah berubah di suhu kamar, khususnya vitamin C murni. Setelah dua atau tiga kali pemakaian serum vitamin akan berubah sehingga tidak efektif lagi untuk digunakan. Vitamin C yang lebih tahan lama biasanya telah dicampur dengan zinc, bahan-bahan lain, atau memang bentuk vitamin C-nya dari asalnya memang sudah stabil (misalnya L-ascorbic acid). Sehingga banyak serum vitamin C yang dikemas dalam botol kecil berwarna kecokelatan, agar tidak mudah teroksidasi.

2.Serum Vitamin E
Vitamin E bersifat larut dalam lemak (fat soluble), dan banyak terdapat dalam minyak lembaga gandum, padi-padian, kuning telur, dan hati sapi.

Manfaat vitamin E adalah
– antioksidan
– penghilang radikal bebas
– melembapkan
“Pemakaian secara rutin akan mempertahankan pelembap alami (natural moisturizing factor) di kulit. Juga melindungi kulit dari polusi yang ada di sekitar kita, seperti dari asap rokok, atau sinar matahari. Oleh sebab itu, pemakaian serum yang dioleskan rata ke seluruh permukaan kulit wajah, tangan, dan leher setiap hari, sangat dianjurkan.

Serum vitamin E juga baik dipakai untuk perawatan rambut, dengan cara melapisi batang rambut sehingga batang rambut lebih terlindungi. Dengan berbentuk serum, kandungan vitamin E tidak hanya akan melindungi batang rambut, tapi juga bisa menembus kulit bagian dermis. “Ini berbeda dengan sampo atau produk rambut bervitamin lain, yang tak bisa mencapai lapisan kulit bagian dalam, melainkan hanya melapisi kulit kepala dan batang rambut.

3. Serum Kolagen
Kolagen adalah “lem” tubuh, karena merupakan komponen protein pembentuk struktur kulit, otot, dan pembuluh darah yang berbentuk serat tripel heliks. Secara alamiah, sedikitnya satu persen kolagen kita hilang setiap tahun. Karenanya, pada usia 30 tahun, manusia kehilangan kolagen sekitar 15 ­ 20 persen. Pada usia 50 tahun yang hilang mencapai 35 ­ 40 persen.

Itu sebabnya, saat kolagen semakin menipis, kulit berangsur kendur, berkerut, dan penuh guratan. “Ibarat bantal kurang kapuk, sarungnya tampak peyot dan kusut. Asupan makanan yang mengandung vitamin C sangat membantu pembentukan kolagen,”

Yang perlu diperhatikan, “Produk kosmetika, termasuk serum, sering tidak mencantumkan persentase kandungan bahannya. Atau kalaupun dicantumkan, belum tentu benar-benar sama dengan yang dikandung.

Demikian yang dapat kami share, semoga dapat membantu kamu dalam melakukan perawatan kecantikan baik kulit, wajah ataupun rambut.

sumber : tips-cara.info

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>