Saat bulan puasa seperti saat ini, tentu kita sering menjumpai buah kurma kering yang biasa dijadikan menu berbuka puasa. Buah Kurma memang sangat diandalkan karena mampu menyeimbangkan kembali energi tubuh, gula darah, tekanan darah yang semula rendah karena belasan jam tubuh kita tidak menyantap makanan sama sekali.

Nah, bicara soal nutrisi, buah yang satu ini sangat kaya lho akan kandungan nutrisinya. Buah kurma mengandung zat besi, kalsium, magnesium, selenium, serat, kalium, sukrosa, glukosa, dan fruktosa. Berikut adalah manfaat mengonsumsi buah kurma saat bulan puasa;

1. Mampu Mengontrol Nafsu Makan Ketika Berbuka

nafsu mkan
Ketika tiba saatnya berbuka, pasti sebagian dari kita rasanya ingin makan sebanyak-banyaknya. Nah, dengan kamu mengawali dengan mengonsumsi kurma saat berbuka puasa, rasa laparmu bisa terkontrol dengan baik lho, sobat efektips. Jadi kala berbuka puasa kamu jangan lupa untuk awali berbuka dengan mengonsumsi buah kurma ya, supaya bisa terhindar dari makan yang berlebih saat berbuka.

2. Persiapkan pencernaan setelah kosong belasan jam

konsumsi kurma
Mengonsumsi kurma kala berbuka sama dengan mempersiapkan pencernaan untuk kembali aktif setelah 13 jam tidak ada makanan dan minuman yang masuk. Buah kering ini merangsang sekresi enzim pencernaan yang ada di perut.

3. Cegah sembelit

sembelit
Buah kurma yang kaya serat bisa mencegah sembelit. Dengan mengonsumsi buah berwarna kecoklatan ini bisa meningkatkan gerak peristaltik di usus yang memperlancar buang air besar lho, sobat efektips.

4. Mampu Membunuh bakteri

bakteri jahat
Beberapa varietas kurma dapat membunuh infeksi bakteri di tubuh kita karena mereka berperan sebagai antibiotik. Ada sebuah penelitian yang terbukti kurma 50 persen sama efektifnya dengan antiobiotik penisilin.

5. Mengurangi tingkat kolesterol

kolesterol

Mengonsumsi buah kurma dapat mengurangi tingkat kolestrol, yang mana kolestrol merupakan faktor utama yang bisa menyebabkan serangan jantung/ penyakit jantung. Buah kurma kaya akan sumber potassium, dimana penelitian telah menunjukkan bahwa potassium mengurangi risiko terkena stroke dan penyakit lain yang berhubungan dengan jantung. Jika buah kurma dikonsumsi 2 kali seminggu, maka ini bisa menjaga kesehatan jantung secara signifikan.

Nah, mulai sekarang biasakan untuk berbuka dengan makanan yang cukup ya sobat efektips. Sebelum menyantap makanan berbuka yang tersedia di meja makan, awali buka puasamu dengan mengonsumsi buah kurma dulu ya. Semoga bermanfaat, salam sehat! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>