Tips Memilih Buah Segar

Pekerjaan kalian berhubungan dengan media elektronik seperti komputer ataupun laptop? Pandangan terasa buram saat selesai bekerja? Hal tersebut sering dialami oleh sebagian orang yang bekerja di depan layar komputer. Kesehatan mata adalah hal yang tidak ternilai harganya sebab mata merupakan salah satu panca indera yang sangat vital. Oleh sebab itu, menjaga mata tetap sehat dapat dilakukan dengan banyak cara yang mudah, termasuk dari makanan yang dikonsumsi.

Mengonsumsi beberapa makanan yang kaya akan kandungan vitamin A dan nutrisi yang dibutuhkan oleh mata sangatlah bermanfaat untuk kesehatan mata kamu. Beberapa makanan berikut dapat membantu menjaga kesehatan mata secara umum dan melindungi mata dari banyak masalah yang bisa mengganggu indera penglihatan ini, seperti katarak, rabun, dan lain sebagainya.
Makanan untuk Kesehatan Mata:
1. Salmon
Seperti yang sudah diketahui, salmon kaya akan asam lemak omge-3 yang mampu memelihara kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk mata. Selain itu, salmon juga mengandung asam folat, vitamin A, vitamin D, vitamin B6 dan vitamin B12.

2. Brokoli
Brokoli mengandung banyak vitamin C, kalsium, lutein, zeaxanthin, dan sulforaphane.

3. Bayam
Bayam kaya akan kandungan vitamin A-nya. Bayam dan juga sayur-sayuran berdaun hijau lainnya memiliki banyak nutrisi yang baik untuk mata.

4. Kubis atau daun kol
Kubis atau daun kol mengandung vitamin A, juga lutein, dan zeaxathin.

5. Tomat
Tomat memiliki kandungan vitamin C dan lycopene tinggi, yang mana keduanya merupakan nutrisi penting untuk kesehatan mata.

6. Telur
Telur memiliki banyak nutrisi berharga untuk mata, seperti vitamin A, zinc, lutein, lecithin, B12, vitamin D, dan juga cysteine.

7. Bawang putih
Bawang putih mengandung selenium, vitamin C dan quercetin. Selain itu makanan ini sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

8. Alpukat
Alpukan adalah salah satu jenis buah yang mengandung sangat banyak nutrisi dibanding yang lainnya. Sangat baik untuk tubuh, termasuk mata. Alpukat mengandung lutein yang sangat tinggi. Lutein adalah nutrisi penting untuk mencegah katarak dan degenrasi makula. Kandungan lain yang terdapat pada alpukat adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan vitamin E.

9. Wortel
Seperti telah diketahui, wortel sangat kaya akan vitamin A, yang sangat penting untuk kesehatan mata.

10. Biji bunga matahari
Jenis makanan yang sering jadi cemilan ini mengandung banyak selenium, yang mampu mencegah katarak dan gangguan mata lainnya.

Nah beberapa makanan di atas merupakan makanan yang dapat menjaga kesehatan mata kalian semua. Untuk apa menunggu mata kamu bermasalah, mulai sekarang rajinlah mengkonsumsi makanan di atas agar mata tetap sehat tanpa gangguan penglihatan.
Semoga artikel ini bemanfaat.

 

 
Sumber : webkesehatan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>