Minus pada mata memang dapat mengganggu kita untuk beraktifitas. Karena jika seseorang bermata minus, maka ia tidak dapat melihat benda atau apapun pada jarak yang jauh. Mata minus akan di alami siapa saja, tidak mengenal usia atau jenis kelamin.

Penyebab mata minus biasanya karena sering membaca dalam keadaan gelap, membaca sambil berbaring, TV, terkena pancaran radiasi monitor atau ponsel, dan sebagainya.

Untuk membantu penglihatan, para penderita mata minus akan di beri saran agar menggunakan kacamata atau kontak lensa. Tidak semua orang nyaman dengan memakai kacamata atau kontak lensa. Apalagi jika memakai kontak lensa perawatannya juga lebih susah ketimbang memakai kacamata. Walaupun sering memakai kacamata itu tidak dapat mengurangi minus pada mata Anda.

Menjaga kesehatan mata dan fungsinya adalah hal yang di haruskan. Di bawah ini ada beberapa tips alami agar minus dimata berkurang.

  • Mengkonsumsi Sayur dan Buah

sarapan-buah-buahan-baik-atau-buruk

Makanan yang mengandung nutrisi sangat baik untuk mata maupun untuk mengurangi minus di mata, apa saja makanannya? ini dia:

  1. Telur
  2. Salmon
  3. Wortel
  4. Alpukat
  5. Bayam
  6. Bawah Merah & Putih

Tidak hanya sayur-sayuran yang dapat mengurangi minus dimata, buahpun demikian. Jika tidak menyukai sayur dan buah untuk dimakan langsung, cobalah untuk di buat jus atau salad.

  • Manjakan Mata dengan Panorama Indah

tahaa-overwater-bungalow-1-medium

Siapa yang tak takjub dengan keindahan yang ada di dunia ini, tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, di Indonesia pun banyak tempat-tempat indah yang patut untuk di kunjungi. Tak ada salahnya kan kita sesekali memajakan mata kita dengan pemandangan yang asri dan indah. Contoh dengan melihat gunung atau bukit-bukit dan luasnya lautan itu ternyata dapat menurunkan mata minus.

  • Senam Mata

Face-Yoga

Anda dapat melakukan senam mata setiap hari. Senam mata atau latihan pada mata akan menurunkan minus, karena Anda melatih mata Anda untuk fokus. Caranya dengan melihat objek pada jarak yang berbeda, kemudian kedipkan mata secara normal, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat.

  • Penggunaan Kacamata

7332367_966733c6-999c-11e4-871b-3ce04908a8c2

Alternatif terakhir adalah menggunakan kacamata. Kacamata dapat mengurangi silau, tetapi penggunaan kacamata akan membatasi ruang penglihatan Anda. Lain halnya dengan yang sudah terbiasa, pasti hal ini akan baik-baik saja.

Demikianlah beberapa tips alami yang dapat Anda lakukan. Selamat Mencoba dan Semoga Berhasil 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>