tetap bugar saat kerja

Hari senin merupakan awal bagi kamu untuk memulai bekerja. Setelah kemarin kamu sempat berlibur, sekarang sudah saatnya untuk bekerja dengan giat dan bersemangat. Namun, kamu perlu menjaga semangat kerja supaya tidak sampai mengganggu kesehatan kamu sendiri. Soalnya nih, karena terlalu semangatnya kamu dalam bekerja bisa lupa dengan kesehatan diri kamu. Kebiasaan kerja seperti telalu banyak berdiri, duduk didepan komputer, kemudian ngemil di meja kerja dapat memicu terjadinya masalah kesehatan loh, misalnya seperti sakit mata, sakita punggung, dll.

Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak kamu inginkan akibat dari kebiasaan buruk kamu dalam bekerja, terutama yang memiliki dampak terhadap kesehatan kamu, maka kamu disarankan untuk mengikuti beberapa langkah berikut ini supaya kamu tetap sehat sesibuk apapun kamu bekerja.

1. Istirahat sejenak

Jika kamu bekerja dengan cara duduk berlama-lama didepan komputer, maka cara terbaik untuk bisa berhenti sejenak meskipun kamu sedang bekerja adalah dengan cara menjauh dari kursi dan komputer, seperti pergi mengambil air minum, pergi ke kamar mandi, atau yang lainnya. Pentingnya beristirahat sejenak adalah untuk menyegarkan mata kamu serta mengurangi kemungkinan kamu untuk mengalami postur tubuh yang buruk yang disebabkan oleh duduk yang terlalu lama.

2. Hindari ngemil tak sehat

Selanjutnya, langkah kedua adalah sebaiknya kamu menghindari ngemil makanan yang tidak sehat. Kebiasaa buruk yang sering dilakukan ketika bekerja adalah ngemil makanan yang tidak sehat. Pada umumnya, kebanyakan orang bekerja sering merasa tidak sadar berapa banyak makanan yang dikonsumsi oleh mereka. Hal ini tentu dapat berakibat buruk terhadap kesehatan bahkan tidak hanya itu saja, berat badan pun akan mengalami peningkatan tanpa disadarinya. Nah, kalau kamu termasuk pekerja yang suka mengemil, usahakan cemilan yang kamu konsumsi itu menyehatkan, seperti salad buah.

3. Minum banyak air

Tahukah kamu? bahwa air merupakan elemen penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, apabila kerjaan kamu hanya duduk berjam-jam didepan komputer, maka memperbanyak minum air putih itu sangatlah dianjurkan. Apalagi ruangan tempat kamu bekerja terdapat AC. Terpenuhinya kebutuhan air minum tidak hanya menyehatkan saja, akan tetapi kamu juga akan lebih konsenstrasi terhadap pekerjaan kamu.

4. Hindari kopi

Ada baiknya kamu menghindari kopi. Kopi memang tidak bisa dipisahkan dengan para pekerja, terutama ketika para pekerja lembur. Manfaat kopi memang ada, salah satunya adalah mendapatkan energi secara instan. Tapi kamu harus tahu, terlalu banyak minum kopi itu tidak baik bagi kesehatan. Minumlah kopi sewajarnya saja, namun akan lebih baik lagi kalau kamu lebih memilih minum air putih.

5. Olahraga kecil

Ketika kamu bekerja, sudah tentu kamu tidak bisa melakukan olahraga terutama jenis olahraga berat. Tapi, kamu tidak perlu khawatir, karena kamu bisa melakukan olahraga kecil-kecilan seperti peregangan tubuh atau berjalan-jalan ketika kamu akan mengambil air minum atau pergi ke pantry. Kalau sekiranya di kantor kamu ada beberapa ruangan khusus dan tertutup, kamu bisa mempergunakannya untuk melakukan yoga. Sekilas hal tersebut terlihat tampak kecil, namun manfaat yang akan didapatkan begitu besar apalagi kalau kamu melakukannya secara rutin.

Ada banyak cara jika kamu ingin tetap sehat sekalipun kamu sibuk bekerja. Tips diatas bisa kamu coba, tetap lakukan gaya hidup sehat dengan asupan pola makan yang sehat dan didukung dengan kedisiplinan kamu untuk menjaga kesehatanmu sendiri. Semoga bermanfaat, salam sehat 🙂

 

 

sumber: sehatkancantik

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>