awet muda
Usia terus bertambah. Khawatir? mulai sekarang, kamu tidak perlu khawatir. Usia tubuh tidak selalu sama dengan usia biologis kamu. Organ tubuh memiliki usianya sendiri yang disebut usia fisiologis. Bisa saja usia fisiologis ‘lebih muda’ atau ‘lebih tua’ dari usia biologis, tergantung gaya hidup kamu lho.

Oke, kalau begitu simak beberapa hal berikut yang bisa menambah muda usia fisiologis kamu ya;

Jika kamu menjaga kesehatan jantung dengan mengonsumsi nutrisi yang cukup, olahraga teratur dan terukur, serta mengonsultasikan obat-obatan yang kamu minum, usia tubuh kamu akan lebih muda 5 tahun dari usia biologis.

  • Menggosok dan membersihkan gigi dengan dental floss setiap hari akan memudakan usia kamu 6,4 tahun.
  • Melatih otak dengan mengisi teka-teki silang atau membaca, membuat usia tubuh lebih muda 2,5 tahun.
  • Jalan kaki selama 20 menit setiap hari akan membuat usia tubuh lebih muda 9 tahun.
  • Banyak mengonsumsi serat alami, seperti sayur dan buah segar, juga minum air putih dan multivitamin secara teratur, bisa membuat usia tubuh 6 tahun lebih muda.
  • Seks yang sehat dapat membuat usia tubuh lebih muda 1,6-8 tahun, tergantung kualitas kehidupan seks kamu.
  • Jangan takut dengan sinar matahari. Oleskan tabir surya SPF-30 pada kulit dan berjemur 10-20 menit setiap pagi hari untuk mendapatkan vitamin D. Usia kulit kamu pun akan lebih muda 1,7 tahun.
  • Makan tomat (kaya akan antioksidan likopen, asam folat, dan mineral selenium) setiap hari akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memudakan usia tubuh kamu hingga 6 tahun.
  • Mengonsumsi segenggam kacang rebus yang kaya lemak tak jenuh tunggal, setiap hari, akan memudakan sistem peredaran darah kamu 4,4 tahun.
  • Minyak zaitun, minyak kacang, minyak wijen, dan avokad yang kaya asam lemak tak jenuh tunggal juga berkhasiat membuat sistem peredaran darah lebih muda 3,4 tahun (asal tidak ada kelebihan asupan kalori dan minyak jenuh rantai panjang lainnya). Minyak kelapa dengan kandungan asam lemak rantai menengah, juga bermanfaat bagi kelenturan pembuluh darah serta perbaikan kolesterol.
  • Meditasi atau mendalami agama, akan membantu kamu lebih mudah melepaskan atau membuang stres dan membuat tubuh lebih muda hingga 12 tahun.
  • Namun, penurunan hormon estrogen membuat tubuh kamu menjadi 8 tahun lebih tua. Rokok dan kanker juga bisa membuat usia tubuh bertambah 8 tahun. Maka jauhi rokok jika ingin tubuh kamu selalu lebih muda.

Banyak cara untuk menjaga tubuh kamu agar terlihat muda, intinya adalah kita harus menjaga gaya hidup sehat didukung dengan pola makan yang sehat pula. Semoga bermanfaat, salam sehat. 🙂

 

 

 

sumber: pesona

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>