Semua wanita pasti ingin memiliki warna kulit yang merata. Tapi hasil survey terbaru menunjukkan bahwa lebih dari 70 persen wanita Indonesia memiliki kulit yang belang alias tidak sama di satu sudut dan sudut lainnya. Perbedaan warna yang sering terjadi adalah bagian lutut dan sikut luar tangan yang lebih hitam dibanding daerah lain.

Yuk kita ketahui apa sih penyebab warna kulit sikut dan lutut menghitam!

PENYEBAB SIKUT DAN LUTUT HITAM

Ada beberapa penyebab sikut da lutut menghitam, diantaranya yaitu karena sikut dan lutut merupakan bagian kulit yang sedikt mengadung kelenjar minyak. Sehingga membuat lutut dan sikut tampak kusam dan menumpuk sel kulit mati di bagian kulit tersebut. Dan bagian lutut dan sikut biasanya memiliki pigmen yang lebih banyak dibandingkan daerah lain, sehingga bagian kulit tersebut menghitam.

Bagian sikut dan lutut seringkali menerima tekanan lebih banyak dibandingkan bagian kulit lain (terutama sikut). Saat kamu duduk, biasanya sikut akan menopang di pegangan kursi dan sebagainya. Semakin sering sikut menopang, semakin tebal kulit yang dihasilkan sebagai perlindungan alami kulit. Contoh lain adalah bagian mata kaki, jika Kamu sering duduk bersila, maka mata kaki kamu akan menghitam.

TIPS MENGATASI SIKUT DAN LUTUT HITAM

Tak perlu khawatir terhadap warna kulit sikut dan lutut yang menghitam. Ada beberapa bahan alami yang bisa kamu pakai untuk mengatasi masalah sikut dan lutut yang hitam.

1. Jus Lemon

Lemon

Lemon dipercaya dapat mencerahkan kulit gelap. Cara dengan mengoleskan jus lemon pada lutut dan siku Kamu yg gelap 2 kali dalam sehari. Caranya dapat dengan mencelupkan kapas ke dalam jus lemon & mengusapkannya pada lutut dan sikut. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air. Selain itu Kamu juga dapat menggunakan kulit lemon dengan menggosokkannya pada lutut dan sikut selama 4-5 menit.

2. Scrub Gula

gula

Butiran halus pada gula dapat digunakan untuk menghilangkan warna gelap pada lutut dan sikut lho. Nutrisi yang terkandung dapat berfungsi untuk melembabkan kulit. Caranya, kamu bisa larutkan dulu di air kemudian usapkan pada bagian lutut dan sikut kamu. Lakukan cara ini 1 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Kunyit

kunyit-itbi- ikatan terapis bekam indonesia

Kunyit mempunyai banyak manfaat di antara dapat digunakan untuk perawatan tubuh atau untuk memutihkan kulit gelap. Bukan hanya itu, kunyit juga dapat melembutkan dan menghaluskan kulit yang kasar serta membuat kulit menjadi kuning langsat yang tadinya hitam atau gelap.

Cara menggunakannya dengan mengambil putih telur lalu campurkan dengan dua tetes olive oil dan lemon. Selanjutnya tambahkan kunyit yang telah dihaluskan. Dan yang terakhir oleskan pada lutut dan sikut lalu bisa dengan air bersih.

4. Minyak Kelapa

minyak-kelapa

Cara menggunakannya dengan cara mengoleskan minyak kelapa dan pijat pada bagian sikut dan lutut yang gelap selama 5 menit. Diamkan selama beberapa waktu kemudian bersihkan dengan air. Dan bisa juga dengan cara mencampur minyak kelapa dengan beberapa tetes jus lemon untuk mendapatkan kulit yang lebih putih.

5. Yogurt

Sumber Photo: communitytable.parade.com

Sumber Photo: communitytable.parade.com

Cara menggunakan Yogurt ini dengan dicampur dengan beberapa tetes cuka akan menjadi ramuan alami untuk memutihkan lutut dan sikut. Kemudian campuran tersebut oleskan pada lutut dan sikut Kamu. Kemudian biarkan selama 15 menit lalu bilas.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>