Mungkin sebagian dari kita berfikir bahwa saat kita tertidur ternyata tidak membuat otak juga berhenti bekerja. Justru pada saat tubuh tertidur pun, otak bekerja dengan aktif dan dapat memberikan dampak luar biasa pada hidup.

Sejumlah penelitian telah mengidentifikasi bahwa tidur punya peranan penting bagi kesehatan tubuh dan kognitif manusia. Berikut ini lima pekerjaan otak yang hanya dapat dilakukan pada saat tubuh tidur lelap, seperti dilansir dari Huffington Post:

1. Buat keputusan
Ternyata saat seseorang sedang tertidur, otak justru memproses informasi yang diterima dan menggunakan informasi ini untuk membuat keputusan pada saat terbangun nanti. Ini sesuai dengan jurnal yang dipublikasikan dalam Current Biology.

2. Membuat dan menghubungkan kenangan
Dan ternyata otak dapat membentuk penghubung antara kenangan baru dan kenangan lama pada saat tubuh dalam keadaan tidur. Pada saat waktu tidur berkurang, ini dapat memengaruhi hipocampus, dimana suatu wilayah otak yang terlibat dalam pembuatan kenangan. Oleh karenanya, menurut Dokter Matthew Walker dari University of California Barkeley, kurang tidur dapat menurunkan kemampuan kamu dalam mempelajari hal baru hingga 40 persen.

3. Ciptakan koneksi kreatif
Pada saat tertidur ternyata daya kreativitas dapat ditingkatkan lho. Menurut, penelitian tahun 2007 dari University of California Berkeley mendapati orang yang bangun tidur sekitar 33 persen lebih mungkin untuk membuat hubungan antara ide yang kelihatannya jauh namun sebenarnya itu ide yang menarik.

4. Membersihkan otak
Selain bekerja dengan optimal, tidur pun ternyata juga mampu membantu otak melakukan pembenahan. Menurut peneliti dari University of Rocheseter menemukan fakta bahwa selama tidur otak bekerja membersihkan molekul yang merusak otak terkait dengan neurodegeneration.

Jika kita tidak mendapatkan cukup tidur, otak tidak memiliki waktu cukup untuk membersihkan racun yang berpotensi mempercepat penyakit neurodegeneratif seperti Parkinson dan Alzheimer.

5. Otak belajar dan mengingat bagaimana melakukan tugas fisik
Otak memiliki kemampuan memproses informasi yang diterima saat terbangun. Jadi, otak dapat menyimpan informasi itu dalam jangka panjang. Tidur ternyata membuat otak belajar dan dapat mengingat berbagai gerakan fisik baru seperti menyetir, mengayunkan raket tenis atau berlatih gerakan olahraga akan otomatis terekam ke dalam otak.

 

sumber: smartnewz

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>