Freelancer mungkin bukan profesi idaman banyak orang, namun di era modern seperti saat ini dimana dunia kerja makin kompetitif sekarang ini, idealis bukanlah satu sikap yang bijaksana. Survey mengatakan 51% freelancer ber-title sarjana muda, dan 5 dari 10 orang pekerja tetap ternyata mencari tambahan pendapatan dengan menjadi freelancer.

Soal penghasilan, pekerjaan freelance memang tidak sama dengan pekerja tetap. Tapi soal peluang, freelancer seperti sifatnya yang tidak terikat.

Di dunia maya terdapat puluhan situs yang mengajak para freelancer untuk menghasilkan uang dari keahlian masing-masing. Berikut adalah 5 di antaranya:

1. Freelancer
Freelancer bisa disebut sebagai sebuah pasar sekaligus bursa kerja. Karena di sini kamu bisa menjajakan diri sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Di sini pun kamu dapat menemukan ribuan kesempatan kerja dari seluruh penjuru dunia. Kategorinya juga sangat beragam.

Bayarannya bagaimana? Jangan anggap remeh karena di sini Kamu dibayar dalam mata uang Dollar Amerika. Besaran bayaran tiap proyek tidak sama, mulai $30 sampai $1000 tergantung kesulitan, kuantitas dan kemampuan finansial pencari kerja.

Awalnya memang sulit untuk bisa mendapatkan pekerjaan karena persaingannya sangat ketat. Tetapi setelah berhasil mendapatkan satu klien dan reputasi yang kian mentereng, pekerjaanlah yang akan menghampiri kamu, sobat efektips.

2. Fiverr
Beda dengan Freelancer, di situs Fiverr justru kamu yang harus lebih agresif dalam menjajakan ketrampilan ke para pembeli. Di sini per proyek hanya boleh diharga $5, tetapi kamu boleh membuat semacam paket dengan harga yang berbeda atau mengenakan biaya tambahan untuk layanan ekstra. Tingkat kesulitan tugas di Fiverr jauh lebih mudah ketimbang kebanyakan situs freelance.

3. iWriter
Selanjutnya iWriter, situs tempat kerja online yang dirancang khusus untuk para penulis lepas. Bayarannya juga dalam kurs Dollar Amerika, besarannya tidak sama sesuai kualitas dan kuantitas. Bedanya, di situs ini pencari kerja harus mendapatkan persetujuan dahulu oleh pemberi kerja sebelum memulai proyek.

4. Elance
Elance hampir sama seperti Freelancer, di sini juga terdapat banyak sekali proyek dengan kategori yang berbeda. kamu bisa melakukan penawaran proyek dengan bayaran tertentu, apabila pemberi kerja setuju selanjutnya kamu harus menyelesaikan pekerjaan yang diminta tepat waktu. Setelah pekerjaan selesai, kamu akan memperoleh bayaran.

5. Gobann
Tidak cuma situs luar negeri, di dalam negeri juga ada situs serupa yang menawarkan pekerjaan bagi para freelancer. Namanya, Gobann. Di situs ini kamu bisa memperoleh bayaran sebesar Rp 50.000 untuk setiap pekerjaan yang diminta.

Kategori pekerjaannya macam-macam, ada yang berkaitan dengan kepenulisan, desain grafis, video editing, foto editing, programing, melukis, musik, dan lain-lain.
Bagaimana? kamu tertarik untuk mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>