radiasi

Ponsel memiliki banyak sekali fungsi. Di masa kini ponsel tidak hanya berguna untuk menelpon dan sms saja, namun memiliki fungsi yang lainnya seperti internet. Oleh sebab itu kegunaan ponsel memiliki pengaruh yang tak terhingga lagi, setelah mengingat banyak orang yang menganggap pentingnya gadget ini.

Namun di balik kecanggihan dah kenyamanan pegguna ponsel dalam menggunakan penselnya sendiri, Ponsel menberikan radiasi yang cukup besar bagi penggunanya, dan dampak yang di timbuklan cukup buruk jika pengguna terus menggunakan ponselnya . Radiasi ponsel secara jangka pendek memang tidak akan terlihat . namun dalam jangka panjang, ia akan berdampak pada kesehatan. Sebut saja kanker dan penyakit kronik lainnya yang muncul akibat partikel bebas yang disebabkan oleh radiasi.
Oleh karena itu penting bagi kamu untuk mencegah dan mengerti beberapa tips untuk menghindari radiasi dari ponsel kamu. Berikut beberapa tips agar kamu dapat mengurangi dampak radiasi ponsel kamu.

  1. Gunakan Headset
    Gunakan headset setiap Kamu menelepon atau menerima panggilan telepon agar ponsel tidak terlalu dekat dengan otak.2. Kurangi Bluetooth dan Headset Wireless
    Pilihlah headset yang masih menggunakan kabel untuk terhubung dengan ponsel. Jangan menggunakan jenis headset wireless. Juga gunakan fitur bluetooth seperlunya saja, matikan jika tidak perlu.3. Speakerphone
    Jika Kamu tidak memiliki headset, mengaktifkan modus loudspeaker bisa jadi pilihan. Kamu jadi bisa mendengarkan suara panggilan tanpa harus menempelkan ponsel ke telinga.

    4. Lebih baik SMS
    Bila Kamu terbiasa dengan SMS-ria, sekarang Kamu punya alasan kuat untuk memaksimalkan kebiasaan Kamu tersebut. Mengirim teks via SMS akan membatasi durasi paparan bahaya radiasi Hp, dan menjaga jarak Hp dari kepala dan tubuh kita.

    5. Gunakan Casing Penahan Radiasi
    Sekarang banyak produsen menciptakan casing berkemampuan khusus yang diklaim bisa meminimalisir hantaran radiasi yang berasal dari ponsel. Jika dirasa perlu, mungkin Kamu bisa mencari dan menggunakannya.

    6. Matikan ponsel saat signal lemah
    Ketika berada di daerah dengan signal telekomunikasi yang lemah, sebaiknya matikan ponsel. Sinyal yang lemah justru dikatakan memicu radiasi yang lebih tinggi.

    7. Diam di tempat saat menelepon
    Hindari berjalan kesana kemari saat menerima telepon. Aktivitas ini justru akan menguatkan radiasi. Karena dalam keadaan bergerak maka sinyal ponsel akan terus mencari pancaran sinyal yang kuat dari base transceiver station (BTS).

    8. Gunakan dua telinga
    Usahakan untuk bergantian menggunakan telinga kanan dan kiri secara bergantian saat menerima telepon.

    9. Letakkan ponsel di tas
    Saat tidak digunakan, sebaiknya letakkan ponsel di tas atau meja. Jangan terus menerus menempel disaku.

    10. Mengurangi pemakaian Smartphone
    Perangkat smartphone seperti BlackBerry atau iPhone menghasilkan emisi yang lebih tinggi daripada Hp biasa. Smartphone lebih banyak bergantung pada energi dari baterai untuk melakukan aktivitas e-mail, koneksi internet, dan men-display warna. Mengurangi pemakaian smartphone merupakan langkah bijak untuk mengurangi bahaya radiasi Hp.

    Diatas merupakan beberapa tips untuk mengurangi dampak radiasi ponsel, dan semua kembali lagi ke penggunanya masing – masing. Sekian tips dari efektips.com, terimakasih.

Sumber : inti-kesehatan.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>