smartphones

Smartphone memiliki banyak fungsi dan membuat hidup lebih mudah. Smartphone datang dengan banyak fitur , dan fitur tersebut dapat terasa lebih bermanfaat Dengan pilihan yang tepat, kehadiran berbagai fitur pun akan terasa lebih bermanfaat seperti email, penunjuk arah, berbelanja, mendengarkan musik, hingga menonton video.

Dan kehadiran smarphone pun membuat kebingungan bagi calon pembelinya, dari mulai keunggulan yang di suguhkan, system operasi (OS) yang di berikan dan hargalah penentu utama dalam pemilihan.

Untuk mendapatkan smartphone terbaik, harga merupakan penentu dari smartphone tersebut, Namun kadang kala smartphone kelas menengah dapat pula mendapatkan smartphone yang berfitur dan performa premium . Pengguna harus menggali dan meriset untuk mengetahui smartphone yang memiliki performa sesuai kebutuhan , dan perangkat tersebut dapat di anggap berguna bagi penggunanya nanti.

Masih bingung memilih smartphone yang sesuai ? Simak tips ini, sebagaimana dilansir How Stuff Works dan ditulis Rabu (7/5/2014).

 

  1. Pastikan Kamu memang membutuhkan smartphone

Meski tampak sepele, tapi langkah pertama sebelum memutuskan memilih smartphone adalah harus benar-benar memastikan bahwa Kamu memang membutuhkan perangkat tersebut. Lalu bagaimana Kamu tahu kalau benar-benar membutuhkan sebuah smartphone?

Hal pertama adalah perhatikan bagaimana penggunaan ponsel Kamu saat ini. Jika ingin lebih terkoneksi, seperti selalu update dengan tweet terbaru, termasuk berita, maka memiliki smartphone adalah pilihan tepat.

Terlebih jika harus terhubung sepanjang waktu saat bekerja, seperti untuk email. Pertimbangan lainnya jika gaya hidup memiliki tuntutan kebutuhan transportasi publik, maka berbagai fitur di smartphone bisa sangat berguna untuk mendapatkan informasi yang diperlukan. Selain itu, jika menginginkan MP3 player dan GPS berada di dalam satu perangkat, maka smartphone menjadi pilihan tepat.

Memiliki smartphone berarti semua hal bisa terhubung dengan email kantor, media sosial, hingga berbagai website. Kendati demikian, tidak semua orang ingin terhubung ke semua layanan internet.

 

  1. Cari operator yang tepat

Memilih operator yang tepat juga kerap membuat bingung. Setiap perusahaan telekomunikasi memiliki berbagai layanan dan cakupan jaringan yang berbeda.

Untuk memilih operator yang tepat, pastikan kualitas jaringan telekomunikasi operator tersebut ada di tempat tinggal atau area yang sering Kamu kunjungi. Memiliki smartphone mahal tidak akan berguna jika Kamu tidak bisa terhubung ke internet atau mendapatkan kualitas panggilan telepon yang buruk. Jangan lupa membandingkan harga dan paket data yang ditawarkan berbagai operator, pilih yang sesuai kebutuhan Kamu.

  1. Siapkan dana

Harga smartphone dan paket data adalah dua pertimbangan soal dana. Untuk harga smartphone, program promosi dan diskon bisa menjadi ‘peluang manis’ jika ternyata smartphone impian Kamu dijual dengan harga jauh lebih murah.

Namun sebagai catatan, pastikan bahwa biaya Kamu sesuai dengan smartphone yang diinginkan. Sedangkan untuk biaya paket data, jika ingin menggunakan smartphone untuk mengunduh aplikasi, game, dan film, maka Kamu harus menyiapkan biaya yang cukup besar.

 

  1. Pilih OS yang sesuai

Sistem operasi (OS) smartphone adalah platform yang digunakan untuk menjalankan berbagai program. Saat ini Android dan iOS adalah dua OS mobile terpopuler di pasar smartphone. Di luar itu, Windows Phone dan BlackBerry OS juga bisa menjadi pilihan.

Masing-masing OS memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Misalnya BlackBerry yang unggul dengan layanan email, tapi tidak memiliki begitu banyak aplikasi. Untuk pilihan berbagai aplikasi, iOS dan Android bisa menjadi pilihan.

Sedangkan Windows Phone memiliki keunggulan jika ingin melakukan pekerjaan di smartphone. Mengingat OS ini merupakan versi mobile Windows yang banyak berjalan di komputer, maka pengguna bisa dengan mudah bekerja menggunakan aplikasi produktivitas seperti dokumen di ponsel.

 

  1. Pilih smartphone yang nyaman digunakan

Setelah empat tips di atas, maka hal lain yang harus dilakukan sebelum membeli smartphone adalah mencobanya terlebih dahulu. Seperti soal kenyamanan layar sentuh atau trackball saat digunakan.

Hal lainnya yang bisa dilakukan dengan menjajal keyboard dan kemudahan berpindah antar aplikasi. Agar lebih mantap memilih, baca berbagai ulasan yang diberikan konsumen di internet mengenai smartphone yang akan dibeli.

Diatas merupakan tips memilih ponsel pintar, semoga dapat berguna bagi yang membacanya. Sekian tips dari efektips.com, terimakasih.

Sumber : tekno.liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>