Bagi sebagian orang minum kopi di pagi hari adalah suatu kebiasaan. Kafein pada kopi di percaya bisa menghilangkan rasa kantuk dan meningkatkan semangat kerja. Bahkan tidak sedikit orang yang menganggap jika belum minum kopi di pagi hari atau sebelum berangkat kerja, mereka merasa tidak ada suntikan energi untuk bekerja seharian.

Tahu kah kamu, bahwa tidak di sarankan minum kopi di pagi hari.Seperti dilansir dari care2.com, sebuah penelitian yang di terbitkan oleh Journal of Clinical Endocrinology and Metabolisme menjelaskan bahwa di pukul 8-9 pagi tubuh memproduksi hormon kortisol. Hormon ini bermanfaat untuk meningkatkan energi. Sementara apabila mengkonsumsi pada waktu tersebut, maka kandungan kafeinnya dapat meningkatkan produksi kortisol, sehingga dapat menimbulkan rasa lelah yang luar biasa di penghujung hari.

“Dengan mengkonsumsi kafein sebenarnya tidak di perlukan oleh tubuh, tubuh akan membangun efek toleransi terhadap kafein. Hal ini berarti tubuh akan semakin ‘kebal’ dengan kafein yang sebenarnya membahayakan tubuh”, terang penelitian yang di terbitkan dalam jurnal Psychosomatic Medicine.

Sebaiknya mengkonsumsi kopi setelah lewat pukul 10 pagi. Bahkan di sarankan minum kopi saat jam makan siang, karena kopi dapat bermanfaat untuk meningkatkan energi di siang hari.

Yuk perhatikan lagi jam jam minum kopi mu agar tetap berenergi saat melakukan aktifitas seharian 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>