Ketika berbelanja buah-buahan di supermarket maupun di kios buah, tentunya kamu akan mendapati label yang menempel pada buah yang kamu beli.

Pernahkah kamu penasaran maksud dari stiker kode yang biasanya menempel di buah-buahan?. Mungkin kamu tidak pernah memperhatikan kode angka yang terdapat pada sticker label tersebut dan menganggapnya tidak penting bahkan mengganggu karena kamu dibuat repot ketika ingin memakan buah tersebut harus melepas sticker kode terlebih dahulu.

Mungkin tampak sepele, namun perlu kamu ketahui sobat efektips bahwa, stiker atau label yang melekat pada buah tersebut mengandung kode yang berisi informasi penting lho, mengenai identitas produk buah yang akan kamu konsumsi.

Kode berupa angka pada sticker memberitahu kamu bagaimana buah itu tumbuh. Dengan membaca kode, kamu bisa mengetahui apakah buah itu hasil rekayasa genetika, organik, atau diproduksi dengan pupuk kimia, fungisida, atau herbisida. Ada baiknya sekarang kamu jangan menganggap hal ini sepele, dengan mengetahui arti dari stiker kode yang terdapat pada buah semoga kamu bisa lebih cermat memilih buah yang baik untuk dikonsumsi.

Nah, berikut ini merupakan makna kode angka pada buah yang perlu di ketahui:

1. Jika kode angka hanya ada empat digit, artinya bahwa produk itu tumbuh secara konvensional atau “tradisional” dengan menggunakan pupuk pestisida ataupun pupuk organik. Empat angka dari kode tersebut juga menginformasikan jenis dari masing-masing buah. Sebagai contoh, kode untuk buah pisang adalah 4011, 4032 untuk semangka dan melon, 4139 untuk apel hijau dan 4131 untuk apel Fuji.

2. Jika kodenya lima digit dan nomor dimulai dengan angka “8”, artinya bahwa buah tersebut adalah hasil modifikasi genetika. Modifikasi genetik artinya telah direkayasa, bukan alamiah lagi.

3. Jika kode angka lima digit dan nomor dimulai dengan “9”, ini menginformasikan bahwa produk itu tumbuh secara organik dan tidak dimodifikasi secara genetik.

Sebagai contoh dan supaya anda tidak terlalu repot mengingatnya, perhatikan angka pertamanya saja. Berikut contohnya:

4139 artinya buah apel hijau tersebut ditanam secara konvensional dan tidak organik karena diberi pupuk pestisida.

84139 artinya buah apel hijau tersebut ditanam secara konvensional, tidak organik dan hasil rekayasa genetik.

94139 artinya buah apel hijau tersebut ditanam secara konvensional dan menggunakan pupuk organik.

Atau contoh pada pisang:

4011 artinya buah pisang tersebut ditanam secara konvensional dan tidak organik karena diberi pupuk pestisida.

84011 artinya buah pisang tersebut ditanam secara konvensional, tidak organik dan hasil rekayasa genetik.

94011 artinya buah pisang tersebut ditanam secara konvensional dan menggunakan pupuk organik.

Berdasarkan label tersebut dapat disimpulkan bahwa buah berlabel 5 angka dengan angka 9 didepan adalah buah paling sehat.

Nah, mulai sekarang kamu hindari yang berlabel 5 angka dengan angka 8 diawal karena buah tersebut merupakan hasil rekayasa genetika yang tentunya tidak lebih baik dan tidak lebih sehat dari buah yang tumbuh secara organik.
Bagaimana? Mulai sekarang kamu enggak perlu bingung lagi dan tentunya kamu bisa lebih cermat dalam memilih buah-buahan yang memiliki kualitas baik dan tentunya baik bagi kesehatan kamu. semoga bermanfaat, salam sehat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>