Supaya kandungan nutrisi maupun enzim tetap terjaga, para pakar dan juga praktisi kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi sayur dalam keadaan mentah segar. Akan tetapi tidak semua sayuran baik dimakan mentah. Perlu kamu ketahui bahwa beberapa sayuran yang dimasak ataupun dipanaskan dalam durasi waktu tertentu justru khasiatnya jauh lebih baik bagi untuk kesehatan kita.

Supaya kamu tidak penasaran, berikut ketiga sayuran yang memiliki khasiat lebih hebat ketika dimasak;

1. Tomat
2e79051f535b06583dfeaa47b4b5b74c_XL

Pada Sayur Tomat mengandung lycopene, yang merupakan antioksidan yang memberi pigmen berwarna merah atau oranye. Lycopene merupakan jenis antioksidan yang berkhasiat melindungi tubuh dari kanker, seperti kanker prostat dan penyakit jantung. Selain itu sejumlah studi menunjukkan bahwa lycopene juga dapat membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

Pada Tomat telah dimasak atau tomat berupa kalengan ternyata kandungan lycipene jauh lebih tinggi lho, jika dibandingkan dengan tomat mentah. Dalam proses pemasakan atau pengemasan dalam kaleng membantu memecah beberapa dinding sel pada tomat, melepaskan lycopene lebih banyak sehingga terserap tubuh.

Memasak tomat tidak akan mengurangi nutrisi lainnya seperti beta karoten dan vitamin C, asalkan tidak dipanaskan dalam jangka waktu yang terlalu lama. Konsumsilah tomat sedikitnya dua hingga tiga butir sehari untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

2. Wortel

wortel
Wortel yang dimasak, menurut studi terdapat jumlah beta karoten di dalam wortel meningkat secara signifikan. Beta karoten merupakan jenis antioksidan yang diubah tubuh menjadi vitamin A. Vitamin ini diperlukan tubuh untuk menjaga keseimbangan metabolisme, menjaga kesehatan penglihatan, mempercantik kulit hingga meningkatkan daya tahan tubuh. Masak wortel dengan cara dikukus, ditumis atau direbus dalam waktu lima hingga 15 menit saja untuk menjaga kandungan nutrisinya.

3. Kubis

4-manfaat-kubis-bagi-kesehatan-tubuh
Bagian terluar kubis yang berwarna hijau gelap mengandung lebih banyak nutrisi ketimbang lapisan dalamnya. Kubis kaya akan vitamin C, beta karoten dan lutein. Lutein ternyata dapat mengurangi risiko penurunan fungsi penglihatan yang disebabkan menuanya usia. Konsumsi kubis dalam porsi medium (sekitar 95 gram) cukup untuk memenuhi kebutuhan lutein per harinya. Kubis juga mengandung vitamin C, vitamin B serta kalsium untuk menjaga kekuatan tulang. Kubis sebaiknya dimasak tidak terlalu lama, cukup dengan ditumis atau direbus tak lebih dari lima menit.

Sayur-sayuran memang memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan kita, nah sekarang kita sudah tahu bahwa dengan memasak ketiga sayuran tersebut memiliki khasiat lebih hebat untuk kesehatan kita. Semoga bermanfaat, salam sehat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>