shutterstock_155473223-700x352

Dalam tubuh manusia memiliki berjuta-juta kelenjar keringat di dalamnya. Sehingga tidak jarang jika manusia bisa berkeringat terutama ketika udara panas atau setelah melakukan aktivitas yang padat.

Saat keringat bercampur dengan bakteri, maka akan timbul bau badan yang tidak sedap. Terutama di bagian ketiak. Sebab ketiak sendiri merupakan area lipatan kulit yang menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri. Itulah sebabnya untuk menghalau hal tersebut, maka kamu pun memilih untuk menggunakan deodoran yang berfungsi untuk menghilangkan bau badan.

Apakah deodorant menyehatkan bagi kulit ketiak kita? Tahukah kamu bahwa deodoran mampu memberikan dampak negatif untuk kesehatan? Nah, berikut kami berikan beberapa alasan agar kamu berhenti menggunakan deodoran:

1. Luka sulit sembuh

Paparan bahan kimia di atas kulit yang semakin menumpuk ternyata juga mampu mengganggu fungsi normal kulit. Salah satunya adalah kulit susah untuk menyembuhkan luka yang muncul di sekitar kuliat ketiak.

2. Tingginya suhu tubuh

George Havenith, seorang profesor dari environmental physiology and ergonomics at Loughborough University menjelaskan bahwa salah satu fungsi keringat adalah untuk mendinginkan suhu tubuh dengan cara menguapkannya. “Namun penggunaan deodoran justru dapat menghambat penguapan keringat sehingga suhu tubuh akan tinggi dan berakibat fatal pada kesehatan.” Dia menjelaskan lebih lanjut bahwa hal ini bisa membuat kamu menderita anhidrosis, serangan panas tubuh yang dapat mematikan otak dan organ internal tubuh.

3. Paparan bahan kimia

Deodoran penuh dengan bahan kimia yang berfungsi untuk menghentikan keringat yang keluar dari tubuh atau ketiak. Karena kamu mengoleskan deodoran setiap hari, maka bahan kimia ini akan menumpuk dan bisa masuk ke dalam pori-pori dan pembuluh darah. Nah kamu pun bisa terkena penyakit berbahaya karena hal ini.

Ternyata penggunaan deodoran setiap hari bisa memberi dampak yang buruk bagi kesehatan. Kamu bisa menghindari hal tersebut dengan tidak menggunakan deodoran dengan cara selalu menjaga kebersihan ketiak, sehingga tidak ada bakteri yang bercampur dengan keringat.
Selain itu, kamu juga harus memperhatikan makanan yang kamu konsumsi. Hindari mengonsumsi makanan yang membuat keringat kamu berbau tidak sedap.

Semoga artikel ini bermanfaat

Sumber : merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>