Sakit-Tenggorokan-Alodokter

Kalian mungkin pernah mengalami sakit tenggorokan. Tanda-tandanya, tenggorokan terasa gatal, serak, dan terasa nyeri jika menelan makanan. Penyebabnya pun bermacam-macam, mulai dari virus, alergi, batuk, bakteri, hingga merokok. Terlepas dari penyebabnya, perhatian kamu mungkin sudah tertuju pada bagaimana mengatasi nyeri tenggorokan.

Biasanya untuk mengobati sakit tenggorokan kalian berobat ke dokter, namun tidak ada salahnya sebelum mengobati sakit tenggorokan ke dokter, simak beberapa tips berikut mengenai cara-cara yang bisa kalian lakukan sendiri untuk mengatasi sakit tenggorokan :
1. Perbanyak Konsumsi Cairan

Perbanyaklah minum air putih atau cairan lainnya agar kamu tetap terhidrasi. Tetap terhidrasi sangatlah penting terutama pada saat kamu sedang sakit tenggorokan. Tubuh kamu harus cukup cairan agar urin tetap dalam kondisi baik. Hal ini menjaga selaput lendir tetap lembab, dan dapat memerangi bakteri ataupun iritasi seperti alergen, serta membuat tubuh kamu lebih mampu dalam melawan gejala flu. Kamu boleh minum selain air putih, jika ingin sesuatu yang manis, cobalah jus buah yang encer.

 

2. Berkumur dengan Air Garam Hangat

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa berkumur beberapa kali sehari dengan air garam hangat dapat mengurangi pembengkakan di tenggorokan, menghilangkan lendir, dan mengurangi iritasi atau bakteri. Dokter umumnya merekomendasikan untuk melarutkan setengah sendok teh garam pada secangkir air hangat.

 

3. Makan Permen Pelega Tenggorokan

Makanlah beberapa permen pelega tenggorokan dalam sehari. Makan permen pelega tenggorokan akan merangsang produksi air liur yang dapat menjaga tenggorokan anda tetap lembab. Permen pelega tenggorokan memiliki bahan-bahan antibakteri dan yang lebih penting dapat mengurangi rasa nyeri tenggorokan.

 

4. Minum Teh

Bosan minum air putih? Secangkir teh herbal hangat dapat menawarkan efek yang menenangkan saat kamu sedang sakit tenggorokan. Teh non-herbal, apakah dibuat dari daun warna hitam, hijau, ataupun putih juga dapat menangkal infeksi dan memperkuat daya tahan tubuh karena mengandung antioksidan. Kamu juga bisa menambahkan satu sendok teh madu pada secangkir teh, karena madu memiliki sifat antibakteri yang dapat mempercepat kesembuhan.

Nah itulah beberapa hal yang dapat dilakukan pada saat kamu mengalami sakit tenggorokan.
Mudah bukan? Ada baiknya kamu mencoba hal-hal tersebut. Namun, jika sakit tenggorokan kamu dirasa sudah parah dan tidak kunjung sembuh, segeralah konsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.
Semoga Bermanfaat.

 

 
Sumber : artikelkesehatan99.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>