Mau Mengurangi Jajan Diluar? Mau masak tapi gaada alatnya? Ini dia yang pas buat kalian peeps! Masak dengan Rice Cooker. Rice Cooker sudah menjadi hal yang wajib dimiliki oleh anak kost. Nah buat kalian yang ingin mencoba masak menggunakan Rice Cooker, ada 5 masakan yang mudah buat kamu coba.

1. Bubur

Caranya tinggal masukan beras yang telah dicuci, lalu tambahkan air. Perbedaannya dengan memasak nasi terletak pada penambahan air, saat memasak bubur air yang ditambahkan memiliki perbandingan 1 : 4. Jangan lupa setelah matang tambahkan garam agar terasa gurih. Sebagai pelengkap jangan lupa tambahkan suwiran ayam, atau yang lain yang kamu suka, satu lagi dengan kerupuk pasti lebih enak!

2. Nasi Liwet

Kalo ini ga jauh-jauh banget caranya dari buat nasi biasa. Bedanya Nasi Liwet banyak menggunakan rempah. Bahannya siapkan cabe merah atau rawit bagi yang suka pedas, bawang merah, daun salam, sereh, garam, teri medan, minyak goreng, dan air kaldu. Caranya, iris tipis cabai dan bawang, lalu tumis dengan minyak goreng di rice cooker, caranya cukup dengan menekan tombol cook. Setelah tumisan harum, buang sisa minyak yang berlebih dan masukan beras yang telah dicuci, tambahkan air kaldu dan bahan yang lainnya, aduk sampai rata, lalu tekan tombol cook lagi, dan tunggu sampai matang

3. Nasi Goreng

Pertama oleskan permukaan rice cooker dengan mentega secukupnya, masukan irisan cabai dan bawang tumis sebentar, masukan nasi aduk merata. Setelah bercampur jangan lupa tambahkan abon sebagai lauk, dan tidak ketinggalan kerupuk!

4. Bolu

Siapa bilang Rice Cooker gabisa untuk buat kue? Caranya gampang kok, karena sekarang sudah banyak yang menyediakan Bahan Cake Instan. Caranya buat adonan sesuai petunjuk di kemasan, lalu tinggal masukan ke Rice Cooker yang sudah di olesi mentega, dan tekan tombol cook. Apabila tombol cook kembali ke posisi warm, segera cek apakah bolu sudah matang dengan cara menusuk bolu menggunakan garpu apabila masih cair, tekan tombol cook sekali lagi, dan tunggu hingga matang.

5. Mi

Ya ini yang paling mudah dari 4 yang diatas, masak mi instan! Caranya sama dengan masak diatas kompor genks!  tinggal siapkan air lalu tunggu sampai air mulai mendidih dan masukan mi-nya, dan tunggu sampai matang. Taadaa! mi tersedia deh buat kamu. Tapi ingat jangan sering sering makan mi instan.

foto: id.tastemade.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>