Lebaran sebentar lagi, siap untuk mudik, nih! Namun sebelum mudik, pastikan kamu meninggalkan rumah dalam keadaan aman, ya sobat efektips. Supaya tidak timbul kekhawatiran yang mendalam ketika harus meninggalkan rumah saat mudik, kamu harus memperhatikan dan melakukan beberapa hal untuk memastikan semua baik-baik saja saat kamu mudik.

Yuk lakukan tips berikut ini sebelum meninggalkan rumah saat mudik! 🙂

1. Cek Kabel dan Aliran Listrik

stop-kontak1

Cek semua kabel dan stop kontak. Pastikan semuanya sudah dalam keadaan off. Kamu hanya cukup menyalakan lampu teras atau lampu halaman saja. Semua barang elektronik yang ada di rumah juga perlu dicek. Pastikan tidak ada benda atau barang yang bisa memicu terjadinya korsleting listrik atau kebakaran ya, sobat efektips.

2. Amankan Barang-Barang Berharga dan Hewan Peliharaan

Simpan barang berharga

Simpanlah semua barang berharga yang kamu miliki di tempat yang paling aman dan terkunci rapat. Kunci tempat penyimpanan barang berharga itu pun sebaiknya Anda bawa serta. Nah, jika kamu memiliki hewan peliharaan, ada baiknya dititipkan ke tempat penitipan hewan atau dititipkan ke tetangga atau kerabat yang tidak mudik.

3. Sampah dan Tempat Penampungan Air

kamar-mandi

Penting untuk membereskan dan membuang semua sampah yang ada di rumah. Sebelum ditinggalkan, rumah harus dalam keadaan bersih dan rapi. Sehingga nantinya ketika pulang, Anda tak lagi berurusan dengan sampah-sampah ini. Tempat penampungan air seperti bak mandi atau bak caci sebaiknya dikosongkan, karena nanti bisa jadi sarang berkembang biak jentik-jentik nyamuk.

4. Pintu dan Jendela

kunci rumah

Nah, ini juga penting loh. Pastikan semua pintu dan jendela sudah tertutup dan terkunci rapat sebelum Kamu mudik. Kalau pun ada lubang di rumah seperti saluran pembuangan, sebaiknya diganjal atau ditutup supaya nanti tak ada hewan atau kotoran yang masuk ke dalam rumah. Hindari menyimpan kunci rumah di pot, bawah keset, atau “tempat tersembunyi” di rumah, ya Sobat Efektips.

5. Melapor ke Ketua RT/RW atau Menitip Pesan pada Tetangga

bicarakan dengan-tetangga

Sebelum berangkat mudik, ada baiknya melapor ke ketua RT/RW terlebih dahulu. Supaya kalau terjadi sesuatu di rumahmu, pihak yang berwenang bisa dengan mudah menghubungi kamu. Kamu juga bisa menitip pesan pada tetangga. Atau minimal memberi kabar berapa lama kamu akan mudik. Jangan lupa berikan nomor ponsel yang bisa dengan mudah dihubungi.

Sebagai tips tambahan kamu bisa juga menaruh sepasang sepatu atau sandal di depan teras rumah. Ini bisa jadi trik untuk mengakali seolah-olah rumah yang Anda tinggalkan tidak benar-benar sepi dan tidak memancing kehadiran maling. Kalau Anda punya biaya lebih, kamu juga bisa kok memasang kamera CCTV di sudut-sudut rumah.

Bagaimana? sekarang kamu sudah tidak perlu merasa khawatir akan keamanan rumahmu saat Mudik. Selamat mudik! Semoga perjalanan kamu nyaman dan selamat sampai tujuan! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>