Wanita memang bisa membuat tubuhnya fit, akan tetapi tetap tidak bisa menyaingi level “fit” seorang pria. Bagaimana pun, tubuh wanita dan pria itu berbeda. Bukan hanya memiliki hormon dan tubuh yang berbeda, bahkan untuk pembentukan otot pun, wanita tidak akan bisa memiliki otot besar seperti pria secara alami.

Seperti dikutip dari fitday.com, paling tidak, ada 4 hal yang membedakan antara wanita dan pria, antara lain adalah;

1) Testosteron
Pria memiliki kadar testosteron lebih banyak dari wanita, dan wanita memiliki estrogen lebih banyak dibandingkan pria. Testosteron adalah hormon yang membantu tubuh bisa membentuk otot dan semua ciri khas fisik pria, sedangkan estrogen menyebabkan pertumbuhan sel-sel lemak dan penanda lain dari seksualitas perempuan. Itulah mengapa wanita tidak bisa membentuk otot besar-besar seperti pria, karena kurang testosteron.

2. Penurunan berat badan
Cara menurunkan berat badan yang paling mudah adalah dengan membangun otot. Sayangnya, membangun otot tidak mudah untuk wanita, karena kurang testosteron. Itulah mengapa wanita juga susah menurunkan berat badan, karena kebanyakan memiliki sel-sel lemak yang dipengaruhi banyaknya hormon estrogen.

3. Fleksibilitas
Wanita jauh lebih fleksibel dari pria. Dalam hal ini kamu boleh bangga, Ladies. Ini karena tulang wanita lebih pendek dan tidak terlalu bersudut. Tulang wanita lebih membundar, dan tulang pinggul wanita lebih fleksibel dari pria.

4. Indeks massa tubuh dan massa otot
Pria memiliki otot yang bisa membentuk kotak-kotak karena pengaruh tingginya hormon testosteron. Ini juga yang menjadikan massa tubuh pria lebih ringan dari wanita. Ini karena lemak pada wanita lebih banyak dan kurangnya massa otot pada tubuh wanita.

Jadi, jika kamu membandingkan kebugaran kamu dengan pria, meskipun sama-sama berolahraga, tingkat kebugaran wanita tetap tidak bisa menyaingi pria. Semoga bermanfaat, salam sehat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>