Sobat efektips, pernahkah merasa bingung kenapa uang kamu mudah sekali habis?. Kalau kamu pernah mengalami hal ini, dan kamu sering kali merasa kaget karena keuanganmu menipis bahkan habis sebelum akhir bulan. Semoga dengan membaca artikel ini bisa menjawab permasalan-permasalahanmu selama ini.

Nah, uang yang terus menerus habis ternyata disebabkan karena kebiasaan buruk yang selama ini kita dilakukan loh. Lalu kebiasaan apa saja yang harus kamu hilangkan dengan segera agar dapat mengatur keuangan yang selama ini kamu miliki.

Dilansir dari Lifehacks.org, Yuk kita ketahui kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa membuat kamu tidak memiliki simpanan atau tabungan untuk masa depanmu karena uangmu selalu habis begitu saja;

1. Belanja lebih besar dari penghasilan

Sumber Photo: www.blog.pelapak.com

Sumber Photo: www.blog.pelapak.com

Selagi kamu mampu memang tak ada salahnya kamu untuk meningkatkan taraf hidup. Akan tetapi, bila kamu orang yang terus menerus menghabiskan uang, bisa jadi kamu akan menghadapi situasi sulit sebentar lagi. Pamasukan kamu yang terus bertambah, namun jika kamu secara terus-menerus meningkatkan pengeluaranmu juga, hal ini bisa berdampak buruk pada diri kamu sendiri karena merasa sulit dalam menyisihkan uang untuk menabung.

So, yuk mencoba untuk tetap menjaga pengeluaran kamu sembari mencari cara untuk meningkatkan pengeluaran. Nah, dengan begitu kamu akan mampu mencari jalan menuju sukses.

 

2. Terlalu fokus pada masa kini dan tidak mempedulikan masa depan

Sumber Photo: www.zeeqra.com

Sumber Photo: www.zeeqra.com

Biasanya, ketika orang berhadapan dengan masalah yang sulit, mereka memilih untuk tidak mempedulikannya. Hal tersebut merupakan awal dari bencana. Hal yang sama juga dapat terjadi dengan keuangan kamu. Pada umumnya, orang-orang cenderung terlalu focus dengan hidup yang kini mereka sedang jalani tanpa berpikir panjang mengenai masa depan mereka.

Jadi, kamu harus tetap memikirkan masa depan terutama ketika membuat keputusan finansial penting.

 

3. Selalu Berpikir sekarang merupakan waktu yang terlalu dini untuk menabung

Sumber Photo: www.mindtalk.com

Sumber Photo: www.mindtalk.com

Saat usia muda, memang sangat mudah untuk memanjakan diri kamu dengan bermacam-macam barang yang mudah dibeli dengan uang. Nah, hal inilah yang membuat seseorang meremehkan prioritas mereka untuk menabung.

Mulailah menabung sekarang, dan berpikirlah bahwa menabung adalah hal yang penting yang harus kamu lakukan sejak dini. Faktanya, para ahli mengemukakan bahwa kamu seharusnya memulai menabung sebelum kamu memulai untuk menikmati penghasilan kamu.

 

4. Tidak mencatat pengeluaran

Sumber Photo: www.hipwee.com

Sumber Photo: www.hipwee.com

Kita mungkin berpikir bahwa kita mengetahui kemana perginya uang kita selama ini. Faktanya, hal tersebut tidaklah benar. Kita mungkin tahu apa saja pengeluaran terbesar kita, namun biasanya pengeluaran kecil-kecil justru lebih banyak menghabiskan pendapatan kamu dibandingkan dengan pengeluaran yang besar. So, mulai sekarang yuk catat apa saja pengeluaran yang kita keluarkan sehari-hari, sehingga keuangan kita bisa terorganisir dengan baik.

 

5. Mengabaikan hutang

Sumber Photo: www.konsultasisyariah.com

Sumber Photo: www.konsultasisyariah.com

Nah, untuk hal yang satu ini kamu wajib untuk membayar hutang dengan tepat waktu. Jangan melakukan penundaan ketika kamu sudah bisa membayar hutang. Karena, ketika kamu sudah bisa melunasi hutang, kehidupanmu akan lebih menyenangkan karena terbebas dari hutang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>