Cegukan yang dialami seseorang memang sering kali mengganggu. Selain mengganggu pernapasan, cegukan juga kerap kali membuat seseorang merasa kurang percaya diri ketika berada dilingkungan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari. Banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk bisa menghilangkan cegukan.

Nah, sebenarnya bagaimana sih cara ampuh supaya bisa menghilangkan cegukan?

Dilansir dari health.detik.com berikut beberapa metode yang bisa kamu lakukan untuk atasi cegukan;

1. Minum Sambil Menahan Napas

air-putih

Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan minum sambil menahan napas. Menurut dr Mahatma Sotya Bawono, SpTHT dari RS Akademik UGM Yogyakarta, ternyata metode ini memang bisa digunakan untuk mengatasi cegukan lho, sobat efektips.

2. Tahan Napas Selama Mungkin

Sumber Photo: www.ngonoo.com

Sumber Photo: www.ngonoo.com

Akan tetapi, jika cara ini tidak cukup efektif dan cegukan masih saja membandel dan terus muncul, maka kamu bisa menggunakan metode yang lain yang dapat digunakan misalnya adalah meningkatkan kadar karbondioksida dalam darah. Bagaimana sih caranya?

Caranya; “Yaitu dengan cara menahan napas selama mungkin, yang diikuti dengan gerakan menelan ketika cegukan muncul. Atau menahan napas selama mungkin yang diikuti hembusan panjang dan ditahan selama mungkin,” kata dokter Bonnie.

3. Berbaringlah, Lalu Tekuk Lutut

Sumber Photo: spirit.web.id

Sumber Photo: spirit.web.id

Kamu juga dapat melakukan metode tidur berbaring dengan kedua lutut ditekuk ke arah perut. dr Bonnie menyebutkan trik ini bisa dilakukan beberapa saat hingga cegukan hilang.

Metode ini bisa juga bisa dilakukan untuk bayi yang sedang cegukan, dr Bonnie menyebutkan bahwa untuk menghilangkan cegukan maka dapat digunakan metode tidur berbaring dengan kedua lutut ditekuk ke arah perut secara perlahan, yang dilakukan selama beberapa saat.

4. Minum Air

Sumber Photo: www.vemale.com

Sumber Photo: www.vemale.com

Selanjutnya menurut dr Unggul Budihusodo, SpPD, KGEH dari Departemen Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) menambahkan bahwa trik lain yang bisa dilakukan yaitu dengan minum air yang banyak, kira-kira sepertiga gelas, kalau bisa yang hangat. “Kalau itu tidak mempan, bisa dengan menelan satu sendok makan gula secara langsung,” ungkap dr Unggul.

Banyak metode yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan cegukan seperti yang di sarankan dokter. Akan tetapi, biasanya cegukan akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa jam.

Ketika kamu mengalami cegukan, kamu bisa dengan mudah menghilangkanya dengan metode diatas ya ladies, Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>